Search
Close this search box.
iklan ART MEDIA DISKOMINFO 2024

Hikmahbudhi: Polri di Era Kapolri Jenderal Sigit Makin Humanis

Facebook
Twitter
WhatsApp

Faktadelik.Com, Jakarta – Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi) memandang Polri saat ini kian humanis khususnya dalam mengawal mahasiswa saat berunjuk rasa.

“Polri sudah humanis. Contohnya, saat mengawal aksi mahasiswa di DPR beberapa waktu lalu,” jelas Ketua Umum PP Hikmahbudhi, Wiryawan, Selasa (5/7).

Wiryawan menyebut Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., berkesempatan naik ke atas mobil komando dan ikut berorasi di tengah mahasiswa. Menurut Wiryawan, hal itu menunjukkan Polri bersikap terbuka terhadap aspirasi mahasiswa dan menjunjung tinggi demokrasi.

“Ini pertama kali ada Kapolri naik ke mobil komando massa. Saya berpikir bentuk keterbukaan dan demokrasi dari Polri terhadap mahasiswa. Kami merasakan di zaman beliau (Jenderal Sigit),” ujarnya.

Dia menilai Polri mulai melakukan perbaikan dalam hal kinerja. Terkait momen HUT ke-76 Bhayangkara, Wiryawan menilai Polri sudah mulai kembali ke jalur yang profesional.

“Saat ini Polri mulai on the track meski belum sempurna. Jadi, konsep Presisi, yaitu prediktif, responsibilitas, transparasi, dan berkeadilan perlu dipertahankan,” ungkap Wiryawan.

Dia menilai hal itu dapat dibuktikan dengan penindakan kepada oknum polisi yang melakukan pelanggaran. Wiryawan menyebut Polri kini terbuka menindak dan memberi sanksi kepada anggotanya yang berperilaku menyimpang atau membuat pelanggaran.

“Kami melihat anggota Polri dipecat karena melakukan tindakan di luar aturan,” ujar Wiryawan.

Wiryawan menilai Jenderal Sigit tak menutup mata soal masih banyaknya anggota Polri yang menyimpang dari aturan. Oleh karena itu, Hikmahbudhi mendukung Sigit menindak tegas anggotanya yang melakukan pelanggaran.

“Proses pendisiplinan anggota Polri ini paling penting. Pemberian sanksi sangat penting agar ada efek jera,” jelasnya.

Dia juga menyambut baik penyelesaian kasus yang tak melulu berakhir pemidanaan atau proses di pengadilan. Pendekatan restorative justice, kata dia membuka ruang diskusi antarkedua belah pihak yang berperkara.

Wiryawan juga mengapresiasi Polri yang berkontribusi maksimal dalam penanganan pandemi Covid-19 bersama TNI, yakni melalui vaksinasi hingga tingkat desa. Selain itu, Polri melakukan pembagian sembako kepada warga masyarakat terdampak Pandemi Covid-19.

Sumber ( Tribratanews.polri.go.id )

Berita Terkait

FAKTA DELIK TERKINI
IMG-20240625-WA0138
Demi Keselamatan Pelaku Penganiayaan Dari Amukan Massa, Polsek Kalumpang Membawa Pelaku Melalui Jalur Sungai Tarailu Menuju Polresta Mamuju
IMG-20240625-WA0109
Danrem 142/Tatag Hadiri Pelaksanaan Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Penyelenggaraan Event
IMG-20240625-WA0108
Asah Kemampuan Prajurit, Korem 142/Tatag laksanakan Latihan Menembak
1719281244-picsay
BSSN: Gangguan Pusat Data Nasional Disebabkan Serangan Siber "Ransomware"
1719281649-picsay
Apa Itu Brain Cipher Ransomware yang Serang Pusat Data Nasional?
261246
Polri Akan Usut Dugaan Pidana dalam Serangan Ransomware Terhadap Pusat Data Nasional
IMG-20240625-WA0107
Dugaan Mark-Up Proyek Pemeliharaan Berkala Longstorage BBWSPJ
IMG-20240625-WA0217
Kapolri Pimpin Pelepasan 315.718 Paket Sembako Sambut Hari Bhayangkara ke-78
WhatsApp Image 2024-06-25 at 14.33
Puncak Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78, Polresta Mamuju Ikuti Kegiatan Baksos Dan Bansos Secara Serentak Seluruh Indonesia
WhatsApp Image 2024-06-25 at 14.31
Wujud Sinergitas, Kasrem 142/Tatag Hadiri Penutupan Turnamen Kapolda Cup dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-78