Search
Close this search box.
iklan ART MEDIA DISKOMINFO 2024

Jangan Hanya Sebar Berita di Media Massa, Sebarkan Juga di Media Sosial

Facebook
Twitter
WhatsApp

Faktadelik.Com, Makassar – Media massa kini bersaing dengan media sosial seperti Facebook (FB), WhatsApp (WA), Instagram (IG), Twitter, dan lain-lain. Dalam perkembangannya, banyak orang yang tidak membaca berita di media massa, tetapi mereka mengikuti berbagai perkembangan melalui media sosial.


“Karena itulah, saya sarankan jangan hanya menyebar berita di media massa, sebarkanlah juga di media sosial seperti WA, Facebook, dan Instagram,” kata wartawan senior, Asnawin Aminuddin, saat menjadi pemateri pada hari kedua Pelatihan Jurnalistik Bagi Aparat Desa se-Kabupaten Takalar, di Hotel Empress, Jl Botolempangan, Makassar, Sabtu, 16 Juli 2022.
Pelatihan Jurnalistik Bagi Aparat Desa yang diadakan oleh PWI Kabupaten Takalar bersama Dinas Kominfo dan Dinas Sosial PMD Kabupaten Takalar, diikuti puluhan aparat desa se-Kabupaten Takalar dan dilangsungkan selama tiga hari.


Dewasa ini, kata Asnawin, banyak pelajar dan mahasiswa yang lebih senang bermain medsos (media sosial), khususnya Instagram, dibanding media sosial lainnya, dan karena itulah ia menyarankan kepada para aparat desa yang mengikuti pelatihan agar membuat akun Instagram resmi desa masing-masing.
Asnawin kemudian bertanya kepada puluhan peserta pelatihan yang terdiri atas aparat desa utusan puluhan desa se-Kecamatan Galesong, Kecamatan Galesong Utara, dan Kecamatan Galesong Selatan, apakah mereka semua memiliki akun Instagram, dan semuanya menjawab.


Namun ketika ditanya apakah akun Instagram itu atas nama pribadi atau atas nama desa, para peserta umumnya menjawab bahwa akun Instagram mereka adalah akun Instagram atas nama pribadi.


“Mulai sekarang bikin akun Instagram atas nama desa masing-masing, dan sebarkan berita dan informasi-informasi dari desa masing-masing melalui Instagram, dan juga buatlah rilis berita kegiatan atau aktivitas desa untuk dikirim ke teman-teman wartawan, sehingga berita-berita desa kita menyebar ke semua segmen, baik pemerintah dan masyarakat umum yang selama ini memang senang membaca berita-berita melalui media msssa, maupun kelompok masyarakat tertentu yang lebih senang bermain medsos dari media massa,” tutur Asnawin.


Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Kabupaten Takalar, dalam sambutannya pada acara penutupan, Ahad, 17 Juli 2022, mengatakan, selama tiga hari, para aparat desa telah mendapatkan tambahan ilmu dan juga pengetahuan seputar jurnalistik, tentang tata cara penulisan berita, tentang fotografi jurnalistik.


Juga tentang Peran Pemerintah Daerah dan PWI dalam Membangun Sinergitas dengan Pemerintah Desa di Kabupaten Takalar, Peran Polri dalam Menyikapi Berbagai Pemberitaan Media, Eksistensi Media sebagai Arus Informasi kepada Masyarakat dan Sosial Kontrol, Peran Media sebagai Pilar Informasi dalam rangka Pengawasan Pembanguna Desa, serta Peran Kejaksaan dalam Rangka Edukasi Kesadaran Hukum kepada Pemerintah Desa.
“Setelah mengikuti pelatihan jurnalistik ini, tentu teman-teman sudah lebih mahir menulis berita, sudah lebih tahu tata cara penulisan berita dan pengambilan gambar untuk dipublikasikan melalui media massa dan media sosial dalam memberitakan berbagai kegiatan dan program kerja pemerintahan desa masing-masing,” kata Hasdar.


Publikasi dan pemberitaan berbagai aktivitas dan kegiatan desa, katanya, bukan hanya dibaca oleh warga desa setempat dan pemerintah setempat, melainkan juga akan dibaca oleh orang-orang Takalar yang tersebar di berbagai pelosok Tanah Air, bahkan yang ada di luar negeri pun pasti akan senang membacanya.


“Dapat dibayangkan betapa gembiranya orang-orang Galesong yang sudah lama tidak pulang kampung atau yang menetap di berbagai provinsi, membaca berita-berita perkembangan daerah asal usulnya, melihat gambar daerah kelahirannya.

Editor : Faktadelik

Berita Terkait

FAKTA DELIK TERKINI
IMG-20240615-WA0003
Polres Luwu Laksanakan Ziarah Bakti Religi Di Makam Almarhum Tandipau, Penganut Agama Islam Pertama Di Tanah Luwu
dara-interior
Menyantap Kuliner Khas Thailand di Bawah Gemerlap Bintang
IMG-20240614-WA0085
Rehabilitasi Jalan Andi Bintang II Kota Palopo Diduga Asal Jadi
62047f4a0119b5e573e9f9890f25caae_XL
Pj Bahtiar Dorong Unsulbar Jadi Kampus Mandiri dan Modern
image-1
Kemen PPPA: Tegaskan Upaya Perlindungan dan Pendampingan terhadap Perempuan dan Anak dalam Proses Hukum
image
Otoritas Jasa Keuangan Minta Masyarakat Waspada Pinjol dan Judol Yang Marak
IMG-20240614-WA0077
Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Polres Wajo Bersihkan Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban
WhatsApp_Image_2024-06-13_at_17_30_34
Ada Potensi Korupsi, Ini Temuan KPK di Sektor Fasilitas Pelayanan dan Kesehatan
petugas-menata-barang-bukti-kasus-judi-online-saat-konferensi_220824135806-7641
Begini Peran Kominfo dalam Satgas Pemberantasan Judi Online
IMG-20240614-WA0076
Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Personel Polsek Mambi Laksanakan Pengamanan Pasar Mambi