Search
Close this search box.
iklan ART MEDIA DISKOMINFO 2024

Kejujuran Mengatarkan Seseorang Kepada Kebaikan Dan Surga

Facebook
Twitter
WhatsApp

Makassar, Faktadelik.Com – Letkol Sus Drs. H. Husban Abady, MH., tampill memberikan ceramah Ramadhan pada malam ke 7 di Masjid Darul Muttaqien Jl. Toddopuli 6, Makassar (8/4/2022). Dengan mengangkat tema Kejujuran Mengantarkan Seseorang Kepada Kebaikan Dan Surga.

“Dewasa ini banyak orang yang mengatakan bahwa kejujuran itu terasa sangat mahal, kejujuran terasa sangat berat untuk dilaksanakan, kejujuran telah membuat kita dibenci oleh orang lain, kejujuran membuat karir kita terhambat, kejujuran telah membuat golongan dan pangkat kita tidak lancar, kejujuran telah membuat kita miskin, dan masih banyak ungkapan lainnya” kata Husban Abady.

Uatadz yang berlatar belakang militer ini mengatakan bahwa sebenarnya sangat gampang untuk berbuat jujur, misalnya :jika kita telah melakukan kesalahan maka kita seharusnya mengakui kesalahan tersebut, jika kita telah merugikan orang lain lebih baik kita jujur dengan apa yang sudah kita lakukan, setidaknya kejujuran kita akan meringankan beban diri kita, dan tidak menimbulkan masalah baru. Karena apabila kita melakukan kebohongan maka kita akan melakukan kebohongan lainnya untuk menutupi kebohongan yang pertama.

Oleh karena itu, lebih baik kita berperilaku jujur karena dengan kejujuran akan membuat kita tenang dan nyaman, sebab kejujuran itu akan medekatkan kita dengan kebenaran. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Qur’an Surah Al-Ahzab ayat 70 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar.”

Lebih lanjut Husban Abady mengatakan bahwa sudah banyak orang yang masuk penjara karena ketidak jujurannya, mereka melakukan tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme, mereka telah dipermalukan oleh Allah SWT., bukan hanya dia yang menanggung malu tetapi seluruh keluarga, istri dan anak-anaknya. Bukan hanya itu dia akan dibuli, dicaci, dicemoh oleh orang banyak yang mengakibatkan harga diri, martabat, dan kehormatannya jatuh di tengah-tengah masyarakat dan sangat sulit untuk memulihkan kembali.

Kemudian Husban Abady, menyebutkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW., juga bersabda yang artinya : “Dari Abdullah bin Mas’ud dari Nabi SAW bersabda; sesungguhnya kejujuran itu membawa pada kebaikan dan kebaikan itu membawa (pelakunya) ke surga dan orang yang membiasakan dirinya berkata benar(jujur) sehingga ia tercatat disisi Allah sebagai orang yang benar, sesungguhnya dusta itu membawa pada keburukan (kemaksiatan) dan keburukan itu membawa ke neraka dan orang yang membiasakan dirinya berdusta sehingga ia tercatat disisi Allah sebagai pendusta.”

Di akhir ceramahnya Husban Abady menyampaikan bahwa Imam Al Gazali membagi sifat jujur ke dalam tiga kategori yaitu: “Jujur dalam niat atau berkehendak, yaitu semua tindakan dan perbuatannya hanya karena Allah SWT., kemudian yang kedua jujur dalam perkataan, yaitu sesuai antara perkataan dan kenyataannya, dan yang terakhir adalah jujur dalam perbuatan, yaitu beramal dengan sungguh-sungguh sehingga apa yang diperbuat dapat dipertanggung jawabkan.

“Janganlah terlena dengan gemerlapnya dunia ini, sehingga membuat kita terlena mengejar atribut-atribut kemewahan di dunia ini dengan menghalalkan segala cara, padahal apa yang kita kejar di dunia ini hanya ada dua kemungkinan, kalau bukan kita yang tinggalkan maka dia yang akan meninggal kita, kalau kita mengejar harta hanya ada dua kemungkinan kalau bukan harta itu yang meninggalkan kita maka kita yang akan meninggalkan harta itu, kalau kita mengejar jabatan, kalau bukan kita yang meninggalkan jabatan itu maka jabatan itu yang akan meninggal kita”. Pungkas pria berdarah bugis Sinjai ini.

Berita Terkait

FAKTA DELIK TERKINI
IMG-20240615-WA0003
Polres Luwu Laksanakan Ziarah Bakti Religi Di Makam Almarhum Tandipau, Penganut Agama Islam Pertama Di Tanah Luwu
dara-interior
Menyantap Kuliner Khas Thailand di Bawah Gemerlap Bintang
IMG-20240614-WA0085
Rehabilitasi Jalan Andi Bintang II Kota Palopo Diduga Asal Jadi
62047f4a0119b5e573e9f9890f25caae_XL
Pj Bahtiar Dorong Unsulbar Jadi Kampus Mandiri dan Modern
image-1
Kemen PPPA: Tegaskan Upaya Perlindungan dan Pendampingan terhadap Perempuan dan Anak dalam Proses Hukum
image
Otoritas Jasa Keuangan Minta Masyarakat Waspada Pinjol dan Judol Yang Marak
IMG-20240614-WA0077
Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Polres Wajo Bersihkan Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban
WhatsApp_Image_2024-06-13_at_17_30_34
Ada Potensi Korupsi, Ini Temuan KPK di Sektor Fasilitas Pelayanan dan Kesehatan
petugas-menata-barang-bukti-kasus-judi-online-saat-konferensi_220824135806-7641
Begini Peran Kominfo dalam Satgas Pemberantasan Judi Online
IMG-20240614-WA0076
Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Personel Polsek Mambi Laksanakan Pengamanan Pasar Mambi