Search
Close this search box.
iklan ART MEDIA DISKOMINFO 2024

MK Bukan Lembaga di Menara Gading

Facebook
Twitter
WhatsApp

JAKARTA, HUMAS MKRI Faktadelik.Com –  Mahkamah Konstitusui (MK) bukan lembaga yang ada di menara gading karena ada banyak contoh perkara yang diajukan perseorangan warga negara dan oleh MK dikabulkan yang berdampak membawa perubahan pada kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah. Sehingga Bapak/Ibu Guru dapat pula menjadi pembawa perubahan besar tak hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga bagi masyarakat dan negara.

Demikian ilustrasi yang disampaikan Peneliti Senior MK Pan Mohamad Faiz untuk mengenalkan MK lebih dekat kepada para Guru Penggerak dalam Kegiatan Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara Bagi Guru Penggerak Angkatan II secara daring dari Gedung MK, Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Dalam pembahasan berjudul “Mahkamah Konstitusi dan Hukum Acara Pengujian Undang-Undang terhadap UUD NRI Tahun 1945” ini, Faiz mengajak para Guru Penggerak untuk lebih memahami kedudukan dan kewenangan MK, aspek-aspek umum hukum acara MK, dan hukum acara pengujian undang-undang. Saat mengulas pengujian peraturan perundang-undangan, Faiz menjabarkan hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia.

“Dari hierarki tersebut, hanya undang-undang yang dapat dilakukan pengujiannya di MK. Sementara peraturan di bawahnya, seperti Peraturan Menteri dan lainnya dapat diujikan ke Mahkamah Agung,” jelas  Faiz yang didampingi Santhy Kustrihardiani dari Pusdik MK sebagai moderator.

Berikutnya Faiz menjabarkan secara runut dan jelas mengenai prinsip persidangan, hukum acara dengan berbagai jenis pengujian yang dapat dilakukan di MK, dan para pihak yang dapat mengajukan permohonan pengujian undang-undang ke MK.

Teknik Penyusunan Permohonan

Pada kesempatan berikutnya, Panitera Pengganti MK Rizki Amelia memberikan arahan mengenai teknis penyusunan permohonan pengujian undang-undang terhadap UUD 1945. Berdasarkan Pasal 3 dan Pasal 7 ayat (1) PMK 2/2021, Rizki menjelaskan para pihak dalam persidangan di MK, yakni Pemohon, Pemberi keterangan, dan Pihak Terkait. Para pihak ini dapat diwakili oleh kuasa hukum berdasarkan surat kuasa khusus dan/atau didampingi oleh pendamping berdasarkan surat keterangan.

“Perlu dipahami bahwa antara kuasa hukum dan pendamping itu berbeda. Kuasa hukum pada persidangan memiliki hak untuk berbicara atas kuasa yang telah diberikan kepadanya dari pemberi kuasa. Sementara pendamping tidak memiliki hak berbicara di dalam persidangan karena sifatnya hanya menemani Pemohon. Jadi tidak ada hak untuk jawab menjawab  dengan para hakim,” jelas Rizki.

Usai mendapatkan materi dari dua pemateri pada hari ketiga ini, para guru penggerak kemudian dibagi dalam delapan kelas kecil untuk melaksanakan tugas praktik mandiri dengan dipandu oleh para panitera pengganti MK.

Perlu diketahui, kegiatan ini diikuti oleh para peserta selama empat hari sejak Senin hingga Kamis mendatang (28–31/3/2022) dengan berbagai materi dan pemateri terbaik dalam bidang hukum tata negara dan konstitusi. Usai mendapatkan pembekalan materi, para peserta kegiatan juga akan diberikan kesempatan untuk praktik dalam teknik penyusunan permohonan. Berikutnya, pada akhir kegiatan para peserta juga akan mempresentasikan hasil praktiknya melalui kegiatan evaluasi hasil penyusunan permohonan.

Penulis: Sri Pujianti

Editor: Nur R.

Berita Terkait

FAKTA DELIK TERKINI
IMG-20240624-WA0086
Danrem 045/Gaya Hadiri Penanaman pohon dalam rangka hari Bhayangkara ke -78 tahun 2024 Polda Kep Bangka Belitung
IMG-20240624-WA0082
Untuk Menangani Lingkungan Alam, Babinsa Koramil Mamasa Bersama Warga Tanam Pohon
1677486165-Untitled design(111) (1)
Flu dan Batuk Jangan Asal Minum Obat! Kenali Dulu Gejalanya
1672642094-5 Jenis Obat Medis untuk Batuk Kering
6 Jenis Obat Medis untuk Batuk Kering
10 Alasan Mengapa Kamu Mengalami Batuk Terus-menerus
10 Alasan Mengapa Kamu Mengalami Batuk Terus-menerus
IMG-20240624-WA0081
Kerja Bakti Bersama TNI di Kelurahan Pasangkayu Antisipasi Banjir dan DBD
flu
Saat Flu, Hindari 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini
Flu dan Batuk
Solusi Terpercaya untuk Redakan Gejala Flu dan Batuk
sesak napas
16 Penyebab Sering Sesak Napas yang Mesti Diwaspadai
IMG-20240624-WA0079
Danrem 045/Gaya Hadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Penyelenggara Event di Polda Babel