Search
Close this search box.
iklan ART MEDIA DISKOMINFO 2024

Panitia Matangkan Persiapan Sandeq Race

Facebook
Twitter
WhatsApp

Faktadelik.com, Sulbar Mamuju – Panitia sandeq race mamastikan kesiapan gelaran festival sandeq terlaksana. Persiapan terus dirampungkan.

Menurut Panitia Sandeq Race Hamzih, panitia terus mematangkan persiapan bersama panitia lokal terkait pelaksanaan sandeq race. Gelaran tersebut diklaim akan menorehkan sejarah sebagai perahu tradisional menjadi wakil 34 provinsi membela Selat Makassar dari Mamuju menuju Kalimantan.

“Sekarang perahu di daerah itu sudah di modifikasi didesain untuk menyambut itu,” ucap Hamzih, Selasa 19 Juli.

Selain itu, panitia juga telah meninjau lokasi finis sandeq di Manggar Kalimantan Timur. Komunikasi bersama seluruh provinsi se Indonesia juga terus dilakukan, termasuk BUMN yang dipersiapkan untuk ikut terlibat.

Tidak hanya itu, Panitia bersama Gubernur juga tengah membangun komunikasi dengan istana agar gelaran Sandeq tersebut di hadiri Presiden nantinya.

“Rencana kita Presiden bisa hadir kalau tidak tidak wapres semoga pak Gubernur bisa komunikasi dengan istana,” ungkapnya.

Enam etape yang direncanakan panitia Sandeq Race digelar 1 September 2022. Rutenya berangkat dari Tanjung Silopo melintasi jarak 60 Kilometer ke Majene. Dari Majene lanjut ke Somba dengan jarak 30 Km, Somba ke Deking menempuh 80 Km. Sepanjang perjalanan itu akan diadakan pertunjukan kesenian.

Selanjutnya, dari Deking ke Pulau Ambo dengan jarak 112 Kilometer. Sebenarnya dapat dilewati Passandeq sebab dari sejarah pelaut mandar berangkat dari Sulawesi dapat membela Selat Makassar dan tiba di Bali. Sehingga bukan menjadi hal yang sulit untuk melintasi Mamuju-Kalimantan.

“Kesiapan kita secara tekhnis sudah matang, sekitar 50 persen rampung diusahakan Agustus,” terangnya.

Sementara Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, secara umum persiapan sudah cukup bagus, dirinya bersama Panitia Lokal duduk dan Passandeq serta Peneliti Perahu Sandeq telah melakukan rapat bersama.

“Sama meminta kepada teman-teman panitia gelaran sandeq ini untuk membangkitkan kearifan lokal, kita akan lakukan pendekatan non APBD,” jelasnya.

Provinsi dan kabupaten di Sulbar juga telah memberikan dukungan terhadap gelaran tersebut Apalagi itu merupakan bagian dari promosi sebagai penyangga IKN. Komunikasi bersama kementerian juga telah dilakukan termasuk keterlibatan BUMN

“Kita akan paparan di hadapan Mentri BUMN untuk mendapatkan sponsorship, bisa saja satu Kementrian satu sandeq nantinya, karena tidak hanya 34 provinsi bisa saja ada tambahan,” tandasnya.(Rls)

Berita Terkait

FAKTA DELIK TERKINI
IMG-20240615-WA0073
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Mengultimatum Prajurit Yang Masih Bermain Judi Online
str
Pengurusan STR Named dan Nakes tidak Dipungut Biaya
IMG-20240615-WA0069
Eks Pemain PSM Makassar, Syamsuddin Batola dan Ardan Aras Menikmati Waktu Santai di Sandeq Rock Polewali
IMG-20240615-WA0067
Penanaman Pohon Serentak Jajaran Polda Sulbar Polres Polman Dalam Rangka Menyambut Hari Bhayangkara Ke-78
IMG-20240615-WA0066
Kapolres Mamuju Tengah Memimpin Penanaman 100 Bibit Pohon Sukun di Wilayah Rawan Tanah Longsor untuk Peringati HUT Bhayangkara ke-78
IMG-20240615-WA0065
Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Kapolresta Mamuju Hadiri Gerakan Penanaman Pohon Secara Serentak Jajaran Polda Sulbar
IMG-20240615-WA0064
Satuan Lalu Lintas Polres Mamasa Laksanakan Patroli Jalan Kaki
IMG-20240615-WA0062
Personel Polsek Sumarorong Cepat Tanggap Monitoring Kejadian Bencana Alam Tanah Longsor di Messawa
IMG-20240615-WA0061
Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-78 Polres Mamasa Laksanakan Penanaman Pohon Bersama
IMG-20240615-WA0038
DR. H Ferryandi : Sempena Milad Inhil ke 59,Membawa Warna Baru Bagi Masyarakat Inhil,"KEDEPAN PERLU STABILITAS HARGA KELAPA