Search
Close this search box.
iklan ART MEDIA DISKOMINFO 2024

Pelepasan Lampion Meriahkan Pembukaan Festival Sandeq 2022

Facebook
Twitter
WhatsApp

Faktadelik.com, Sulbar Polman — Ritual Mangisi Walasuji dan Pelepasan seribu lampion menjadi penanda dimulainya Festival Sandeq 2022 Indonesia Mendukung IKN, di Pantai Tanjung Silopo, Selasa 30 Agustus 2022.

Acara pembukaan akan dilanjutkan dengan pelepasan Passadeq di Pantai Tanjung Silopo, Rabu 31 Agustus 2022. Rutenya Pantai Banggae- Pantai Palipi- Pantai Deking Pantai Manakarra. Lanjut transit di Pulau Ambo dan Pulau Salissingan hingga finish di Pantai Manggar Kalimantan Timur, pada 9 September.

Pj .Gubernur Sulbar, Akmal Malik berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak hingga terlaksananya Festival Sandeq.

“Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat. Saya merasa bahagia atas dilaksanakannya Festival Sandeq. Ini kesuksesan bersama kabupaten di Sulbar saya harap ini menjadi titik bangkit,” ujar Akmal Malik

Kata Akmal Malik, Ini juga sebagai bentuk kolaborasi dengan menyukseskan kegiatan tanpa menggunakan APBD. Ia pun mengungkapnya kebanggaannya terhadap Festival Sandeq sebagai mahakarya maritim Indonesia.

“Saya terkagum maha karya maritim Indonesia. Ini mahakarya yang tidak dimiliki daerah lain,” ujar Akmal Malik.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengatakan, berterima kasih kepada PJ Gubernur. Apalagi PJ Gubernur Sulbar merupakan asal Sumatera yang justru mendukung penuh pelaksanaan Festival Sandeq.

“Ini pelajaran dan pukulan telak kita bagi orang mandar. Bapak ini sejauh jauh dari sumatera mengembangkan budaya Mandar. Terima kasih pak gubernur,” ujar Andi Ibrahim.

Lanjut Ibrahim mengatakan, perlombaan perahu sandeq hampir tiga tahun vakum, akibat Pandemi. Namun dengan dilaksanakannya kembali tahun ini telah mengobati kerinduan masyarakat. Sebab itu ia pun berpesan agar passandeq menganggap Festival Sandeq bukan semata perlombaan, melainkan silaturahmi.

“Kita berlomba dengan penuh rasa kecintaan kita terhadap Sulbar. dan saya harap agar berlomba dengan sportif. Ini bukan semata lomba melainka silaturahmi yang hampir tiga tahun tidak terlaksana,” ungkapnya. (rls)

Berita Terkait

FAKTA DELIK TERKINI
IMG-20240624-WA0094
Kabid Pengadaan BKPSDM Luwu: CASN Tahun 2024 Mengutamakan Talenta Digital
IMG-20240624-WA0086
Danrem 045/Gaya Hadiri Penanaman pohon dalam rangka hari Bhayangkara ke -78 tahun 2024 Polda Kep Bangka Belitung
IMG-20240624-WA0082
Untuk Menangani Lingkungan Alam, Babinsa Koramil Mamasa Bersama Warga Tanam Pohon
1677486165-Untitled design(111) (1)
Flu dan Batuk Jangan Asal Minum Obat! Kenali Dulu Gejalanya
1672642094-5 Jenis Obat Medis untuk Batuk Kering
6 Jenis Obat Medis untuk Batuk Kering
10 Alasan Mengapa Kamu Mengalami Batuk Terus-menerus
10 Alasan Mengapa Kamu Mengalami Batuk Terus-menerus
IMG-20240624-WA0081
Kerja Bakti Bersama TNI di Kelurahan Pasangkayu Antisipasi Banjir dan DBD
flu
Saat Flu, Hindari 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini
Flu dan Batuk
Solusi Terpercaya untuk Redakan Gejala Flu dan Batuk
sesak napas
16 Penyebab Sering Sesak Napas yang Mesti Diwaspadai