Search
Close this search box.
iklan ART MEDIA DISKOMINFO 2024

Mengenal Superfood Beserta 12 Pilihan Makanannya

Facebook
Twitter
WhatsApp

Memiliki tubuh yang sehat paling bagus didukung dengan mengonsumsi beragam makanan bergizi tinggi setiap hari atau disebut superfood. Menyertakan beberapa atau semua superfood dalam pola makan harian dapat membantu kesehatan secara keseluruhan dan bahkan mencegah penyakit kronis tertentu. Yuk, simak daftar superfood yang bisa Anda nikmati dalam ulasan di bawah ini. 

Apa itu Superfood?

Superfood adalah makanan yang memiliki kepadatan nutrisi yang sangat tinggi. Makanan ini berarti menyediakan banyak nutrisi dan sedikit kalori. Makanan super ini mengandung banyak mineral, vitamin, dan antioksidan.

Antioksidan adalah molekul alami yang dapat ditemukan pada makanan tertentu. Kandungan ini membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah produk sampingan alami dari produksi energi yang merusak tubuh.

Molekul antioksidan mengurangi atau mencegah efek radikal bebas yang mempunyai kaitan erat dengan masalah kesehatan, antara lain:

  • Penyakit jantung.
  • Kanker.
  • Radang sendi.
  • Stroke.
  • Penyakit pernapasan.
  • Defisiensi imun.
  • Empisema.
  • Penyakit Parkinson.

Meskipun dianggap sebagai superfoodm, bukan berarti bisa menyembuhkan segalanya. Namun, memasukkan superfood sebagai bagian dari asupan nutrisi harian adalah hal yang baik.

Baca juga: Macam Makanan dan Minuman yang Mengandung Kolagen

Manfaat Superfood

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada superfood dapat membantu tubuh menangkal penyakit dan membuat tubuh tetap sehat. Apabila memasukkan ke dalam pola makan seimbang, makanan ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, penurunan berat badan, meningkatkan energi, dan bahkan mengurangi efek penuaan.

Antioksidan yang terkandung dalam banyak makanan superfood dapat membantu mencegah kanker, sedangkan lemak sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan seratnya yang banyak dalam superfood dapat membantu mencegah diabetes dan masalah pencernaan, sedangkan fitokimia memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. 

Superfood juga dikenal dapat melindungi organ dari racun, membantu menurunkan kolesterol, mengatur metabolisme, dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ragam Pilihan Superfood yang Baik untuk Kesehatan Anda

Superfood dikenal tinggi kandungan antioksidan dan flavonoid yang membantu mencegah penyakit jantung koroner dan kanker, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dari beragam jenis makanan yang termasuk dalam superfood.

Berikut ini daftar superfood yang enak dan menyehatkan, di antaranya:

1. Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung, yang mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Dalam satu buah alpukat juga mengandung lebih banyak potasium daripada pisang. 

Potasium berperan penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, membantu fungsi jantung, dan mendukung fungsi ginjal dalam mengontrol tekanan darah.

2. Beri

Berkat kandungan serat dan flavonoid, buah beri dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung pada wanita. Buah beri yang termasuk dalam kategori superfood meliputi:

  • Acai berry.
  • Bluberi.
  • Cranberry.
  • Goji berry.
  • Raspberry.
  • Ceri asam.

3. Bit

Makanan yang termasuk sayuran akar ini mendapatkan warna merah pekat dari pigmen tumbuhan alami yang mengandung antioksidan yang bermanfaat sebagai anti-peradangan.

Perlu diketahui bahwa peradangan kronis di tubuh dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan asma.

4. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Berbagai jenis sayuran yang berwarna hijau gelap termasuk dalam daftar superfood.  Maka tidak mengherankan jika salad sangat menyehatkan. 

Namun sebaiknya hindari selada dan pilihlah sayuran berdaun hijau gelap yang mengandung vitamin A, C, dan E dan dapat mencegah kanker. Sayuran ini juga kaya akan vitamin K, yang baik untuk kesehatan tulang, dan kandungan folat yang meningkatkan kesehatan jantung.

Ada banyak jenis sayuran berdaun hijau gelap yang dapat menjadi pilihan Anda, termasuk berikut:

  • Arugula.
  • Bok choy.
  • Brokoli raab.
  • Sejenis sawi.
  • sayuran dandelion.
  • Kubis.
  • sayuran mikro.
  • Sawi hijau.
  • Bayam.
  • Swiss chard.
  • Lobak hijau.

5. Jahe

Jahi yang merupakan bumbu dapur ini juga dikenal mengandung nutrisi yang sangat bagus seperti vitamin C, magnesium, dan potasium. 

Banyaknya manfaat jahe bagi kesehatan juga bisa menjadi pereda nyeri dan mengontrol gula darah, serta dapat meredakan mual saat sakit.

6. Bawang Putih

Selain membuat masakan menjadi lezat, bawang putih dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh, bekerja sebagai anti-inflamasi, meningkatkan kesehatan jantung dan banyak lagi manfaatnya.

Bawang putih mentah lebih sehat daripada bawang putih matang, tetapi bawang putih hitam yang difermentasi, yang mengandung antioksidan kuat, mungkin merupakan pilihan yang paling sehat.

Baca Juga: Suplemen yang Efektif untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Orang Dewasa

7. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang tinggi, sejenis fitokimia. Fitokimia adalah senyawa yang terdapat secara alami pada tumbuhan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai dapat membantu mengurangi jumlah low-density lipoprotein (LDL) atau disebut kolesterol “jahat” dalam darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kedelai mampu mencegah hilangnya memori terkait usia. Isoflavon kedelai juga dapat mengurangi pengeroposan tulang dan meningkatkan kepadatan mineral tulang selama menopause, serta mengurangi gejala menopause.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sejenis makanan nabati, termasuk kedelai, lentil, almond, walnut, kacang polong, kacang tanah, kacang macadamia, dan alfalfa. 

Makanan ini termasuk ke dalam superfood karena kaya akan nutrisi dan berperan dalam mencegah dan menangani berbagai penyakit. Hal ini karena kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya vitamin B, berbagai mineral, protein dan serat.

Penelitian telah menunjukkan kacang-kacangan menawarkan banyak manfaat kesehatan termasuk peningkatan pengendalian diabetes tipe 2, serta penurunan tekanan darah dan kolesterol.

9. Biji-bijian

Biji-bijian kaya akan serat, protein vegetarian, dan lemak yang menyehatkan jantung.

Makanan ini juga menyimpan berbagai senyawa tumbuhan dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat melindungi dari stres oksidatif.

Penelitian menunjukkan bahwa makan biji-bijian dapat memberikan efek perlindungan terhadap penyakit jantung. Biji-bijian yang bisa menjadi pilihan untuk Anda nikmati termasuk biji bunga matahari, biji labu, biji chia, dan biji rami.

10. Telur

Meskipun dianggap mengandung kolesterol yang tinggi, namun telur tetap menjadi salah satu makanan tersehat. Hal ini karena telur utuh kaya akan banyak nutrisi termasuk vitamin B, kolin, selenium, vitamin A, zat besi dan fosfor, serta kaya akan protein berkualitas tinggi.

Telur juga mengandung dua antioksidan kuat, seperti zeaxanthin dan lutein, yang dikenal dapat melindungi penglihatan dan kesehatan mata.

11. Citrus

Buah jeruk juga dinobatkan sebagai superfood karena kandungan serat dan vitamin C yang tinggi. Rasa manis dan asam dari jenis buah citrus seperti grapefruit, jeruk, lemon, dan jeruk nipis juga rendah kalori dan tinggi air.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa berusia 50 tahun ke atas yang makan jeruk setiap hari memiliki peluang 60 persen lebih kecil terkena degenerasi makula dibandingkan dengan orang yang tidak makan jeruk.

12. Umbi-umbian

Umbi-umbian sejak dulu termasuk dalam daftar superfood. Jenis umbi-umbian termasuk wortel, bit, parsnip, kentang, dan ubi jalar.

Umbi-umbian adalah makanan bergizi, mudah tumbuh, dan dengan masa hidup yang sangat panjang. Makanan ini kaya akan karbohidrat dan pati sehat yang memberikan energi, 

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa umbi-umbian ini dapat membantu mencegah diabetes, obesitas, kanker, dan masalah kesehatan lainnya berkat sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Nah, itu dia daftar superfood yang perlu Anda sertakan ke dalam menu makanan harian. Selain enak, mengonsumsinya akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan.

The post Mengenal Superfood Beserta 12 Pilihan Makanannya appeared first on Farmaku.com.

Berita Terkait

FAKTA DELIK TERKINI
IMG-20240615-WA0073
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Mengultimatum Prajurit Yang Masih Bermain Judi Online
str
Pengurusan STR Named dan Nakes tidak Dipungut Biaya
IMG-20240615-WA0069
Eks Pemain PSM Makassar, Syamsuddin Batola dan Ardan Aras Menikmati Waktu Santai di Sandeq Rock Polewali
IMG-20240615-WA0067
Penanaman Pohon Serentak Jajaran Polda Sulbar Polres Polman Dalam Rangka Menyambut Hari Bhayangkara Ke-78
IMG-20240615-WA0066
Kapolres Mamuju Tengah Memimpin Penanaman 100 Bibit Pohon Sukun di Wilayah Rawan Tanah Longsor untuk Peringati HUT Bhayangkara ke-78
IMG-20240615-WA0065
Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Kapolresta Mamuju Hadiri Gerakan Penanaman Pohon Secara Serentak Jajaran Polda Sulbar
IMG-20240615-WA0064
Satuan Lalu Lintas Polres Mamasa Laksanakan Patroli Jalan Kaki
IMG-20240615-WA0062
Personel Polsek Sumarorong Cepat Tanggap Monitoring Kejadian Bencana Alam Tanah Longsor di Messawa
IMG-20240615-WA0061
Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-78 Polres Mamasa Laksanakan Penanaman Pohon Bersama
IMG-20240615-WA0038
DR. H Ferryandi : Sempena Milad Inhil ke 59,Membawa Warna Baru Bagi Masyarakat Inhil,"KEDEPAN PERLU STABILITAS HARGA KELAPA